10 Komponen – Komponen Dalam Kebugaran Jasmani

10 Komponen – Komponen Dalam Kebugaran Jasmani

 

Kebugaran Jasmani merupakan salah satu hal yang penting yang perlu Anda pelihara dari tubuh Anda. Dengan memiliki Jasmani bugar, maka Anda dapat melakukan aktivitas aktivitas sehari-hari Anda tanpa terhalang karena mudah lelah ataupun mudah lesu. Maka dari itu menjaga kebugaran Jasmani adalah salah satu hal yang perlu Anda utamakan.

Untuk menjaga kebugaran Jasmani Anda, Anda dapat melakukan beberapa jenis olahraga ataupun latihan latihan tertentu yang sesuai dengan komponen pada kebugaran Jasmani. Ada juga perlu mengetahui apa saja komponen pada kebugaran Jasmani yang perlu Anda latih. Berikut ini adalah 10 komponen kebugaran Jasmani, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Kekuatan, ini merupakan komponen dari fisik seseorang di mana komponen ini dapat mengetahui bagaimana kemampuan otot Anda ketika menerima beban jika Anda melakukan aktivitas apa pekerjaan tertentu. Kekuatan ini dapat Anda ukur dengan melakukan beberapa kegiatan seperti angkat beban ataupun Mencoba melihat sejauh apa daya tahan Anda atau kekuatan yang bisa Anda curahkan kepada pekerjaan yang ada lakukan.
  2. Daya tahan, untuk bagian dari 10 komponen kebugaran Jasmani yang satu ini terbagi menjadi dua macam yaitu daya tahan imun dan juga daya tahan otot. Liatan imun merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan organ paru-paru, peredaran darah, serta jantung ketika menjalankan pekerjaan atau aktivitas secara terus menerus yang melibatkan otot otot dalam jangka waktu intensitas yang terbilang tinggi dan lama. Sementara untuk daya tahan otot merupakan komponen kebugaran Jasmani dari seseorang yang dilihat dari bagaimana cara orang tersebut menggunakan ototnya dalam melakukan kontraksi kontraksi secara berkelanjutan di waktu yang terbilang lama dan menggunakan beban beban tertentu.
  3. Daya otot, otot ini merupakan salah satu komponen kebugaran Jasmani di mana seseorang menggunakan otot tubuh ya dalam waktu yang sesingkat singkatnya dan secepatnya.
  4. Kecepatan, komponen ini merupakan salah satu komponen yang melihat bagaimana seseorang melakukan gerakan gerakan yang sama dengan berkelanjutan dalam waktu Secepat cepatnya misalnya seperti pukulan dalam tinju, lari cepat, ataupun berbagai gerakan lainnya untuk melihat bagaimana kah kecepatan tangan ataupun kaki seseorang dalam aktivitas yang mereka lakukan.
  5. Kelenturan, ini merupakan komponen yang melihat bagaimana seseorang melakukan penyesuayan dengan aktivitas melenturkan bagian secara lebih luas, misalnya seperti melakukan split, Kayang, ataupun aktivitas kelenturan lain.
  6. Kelincahan, ini merupakan komponen di mana seseorang dilihat dari kecepatannya dalam melakukan perubahan arah gerak dalam waktu yang cepat.
  7. Koordinasi, ini merupakan salah satu komponen kebugaran Jasmani Yang melihat bagaimana seseorang melakukan integrasi gerakan gerakan yang berbeda kepada satu gerakan tunggal dengan cara yang lebih efektif. Ini dapat melihat konsentrasi seseorang dalam melakukan berbagai gerakan dan menyatukannya kepada satu gerakan dengan cara yang memiliki efektifitas tinggi.
  8. Keseimbangan, kompornya ini merupakan komponen yang melihat bagaimana seseorang mampu mengendalikan organ organ pada Syaraf ototnya tanpa kehilangan keseimbangan pada tubuhnya dan tidak terjatuh.
  9. Ketepatan, komputer ini merupakan komponen yang melihat bagaimana seseorang mampu melakukan pengendalian terhadap gerakan gerakan yang bebas yang ditujukan kepada suatu sasaran tertentu.
  10. Reaksi, ini adalah komponen kebugaran Jasmani di mana seseorang dilihat kemampuan untuk melakukan tindakan yang cepat ketika menghadapi berbagai rangsangan yang dirasakan lewat Indra Perasa nya, seperti melalui lidah, kulit, ataupun Indra yang lainnya.  

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *