Apa Pengertian Sumber Daya Alam? ini penjelasan jenis dan contohnya

Apa Pengertian Sumber Daya Alam? ini penjelasan jenis dan contohnya

 

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Komponen dari sumber daya alam meliputi komponen biotik seperti tumbuhan, hewan, mahkluk hidup lainnya dan komponen abiotik seperti gas alam, minyak bumi, logam, emas, air, tanah dan lainnya. Sumber daya alam merupakan sumber daya yang sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan dan membantu hidup manusia. Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan negara dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Namun sayangnya eksploitasi berlebihan yang terjadi di berbagai daerah Indonesia membuat sumber daya alam di Indonesia menjadi semakin berkurang dan tercemar.

 

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati bisa juga disebut sumber daya alam biotik. Sumber daya hayati merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui karena memang sumber daya alam hayati tidak ada habisnya. Contoh sumber daya alam hayati yang sering dijumpai di lingkungan sekitar.

  • Sumber Daya Hewan

 

Sumber daya yang sering kita jumpai karena berasal dari hewan-hewan. Sumber daya hewan menghasilkan berbagai macam produk yang berguna untuk kehidupan. Contohnya hewan sapi dapat menghasilkan produk susu yang nantinya dapat menjadi produk baru yang semakin bervariasi. Contoh lainnya hewan ayam yang dapat menghasilkan telur yang nantinya dapat menghasilkan produk lainnya yang berbahan dasar telur.

 

  • Sumber Daya Tumbuhan

 

Sumber daya lainnya yang sering dijumpai adalah sumber daya tumbuhan. Banyak sekali tumbuhan yang dapat menghasilkan produk yang dapat membantu kebutuhan manusia. Contohnya tumbuhan singkong dapat menghasilkan buah singkong dan juga daunnya dapat digunakan sebagai sayur. Tentunya masih banyak sekali sumber daya alam tumbuhan yang masih banyak sekali dijumpai.

 

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

 

Sumber daya alam berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang terdiri dari berbagai macam hewan, tumbuhan yang tidak ada habis-habisnya. Sumber alam yang terus beregenerasi dan tidak akan pernah habis sekalipun di pakai terus menerus.

 

  • Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Berbeda dengan sumber daya alam yang bisa diperbaharui yang jumlahnya tidak terbatas sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui mempunyai jumlah yang terbatas. Terbatasnya jumlah dari sumber daya alam ini karena proses pembentukannya memerlukan waktu dan proses yang sangat lama. Apabila sumber daya ini digunakan terus menerus akan habis dan tentunya sangat merugikan kehidupan manusia.

 

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Sumber Daya Alam Hayati atau Biotik

 

Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup dan dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang hayati yang berasal dari hewan dan sumber daya alam hayati yang berasal dari tumbuhan.

 

  • Sumber Daya Alam non-hayati atau Abiotik

 

Sumber daya yang bukan berasal dari makhluk hidup atau berasal dari makhluk tak hidup sepeti tanah, air, udara. Contoh produknya batu bara, emas, logam, perak dan lainnya.

 

Sumber daya alam berdasarkan pembentukannya dibedakan menjadi 4 yaitu :

  • Sumber Daya Alam Energi

 

Sumber daya alam yang menghasilkan energi tertentu untuk menunjang kebutuhan mahluk hidup khususnya manusia. Contohnya energi matahari dapat berubah menjadi energi listrik dan selain itu energi dari matahari sangatlah banyak.

 

  • Sumber Daya Alam Ruang

 

Merupakan sumber daya alam yang berupa ruangan atau daerah yang dapat ditinggali oleh manusia dan mahluk hidup lainnya.

 

  • Sumber Daya Alam Materi

 

Merupakan sumber daya yang dapat didapatkan dari alam baik secara langsung maupun melalui sebuah proses terlebih dahulu.

 

  • Seumber Daya Alam Waktu

 

Sumber daya alam yang dapat didapatkan menurut waktunya. Sebagai contoh pohon nangka akan tumbuh saat musim hujan dan tidak dapat ditemukan ketika musim kemarau.

Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomisnya

  • Sumber daya ekonomis artinya sumber daya yang dapat menambah nilai ekonomis manusia contohnya : emas, perak, batu bara dan lainnya yang bersifat ekonomis.

 

  • Sumber daya non-ekonomis yaitu sumber daya yang memang berasal dari alam yang tidak ada nilai ekonomisnya seperti matahari, udara.

 

Sumber daya alam berdasarkan lokasinya dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Sumber daya alam akuatik atau sumber daya alam yang letaknya berada di perairan contohnya : ikan, mutiara dan sebagainya.

 

  • Sumber daya alam terrestrial adalah kebalikan dari sumber daya akuatik dimana sumber daya terrestrial terletak di wilayah daratan. Tentunya banyak sekali sumber daya alam yang termasuk dalam sumber daya terrestrial.

 

Tentunya banyak sekali sumber daya alam yang ada di kehidupan terutama di Indonesia yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Sumber daya alam dapat dijadikan sebagai bahan pangan, sandang, dan lainnya. Untuk bahan pangan bisa diambil contoh dari hewan sapi dan ayam yang menghasilkan susu dan telur yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Sedangkan untuk bahan sandang bisa diambil contoh wol dari hewan domba bisa digunakan untuk bahan membuat pakaian. Tentunya sumber daya alam sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sumber daya alam lainnya yang berasal langsung dari alam juga dapat membantu kehidupan manusia sepeti adanya emas, perak di area pertambangan yang dapat digunakan untuk perhiasan dan juga dapat menambah nilai ekonomis. Adapula contoh lainnya sumber daya alam yang berada langsung dari alam seperti batu bara dan barang tambang lainnya.

Sangat disayangkan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman justru eksploitasi alam marak terjadi khususnya di Indonesia. Hal ini sungguh merugikan banyak orang tentunya dengan mengeruk sumber daya alam tanpa batas menyebabkan sumber daya alam akan habis dan di kemudian hari kekurangan sumber daya alam tersebut. Sudah semestinya untuk tetap melestarikan sumber daya alam dan hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengambil secukupnya sumber daya alam yang diperlukan. Langkah lainnya bisa dilakukan dengan cara meregenerasi kembali sumber daya alam contohnya : setelah melakukan penebangan pohon dilakukan penanaman kembali guna mencegah habisnya sumber daya alam tersebut.

 

Itulah penjelasan tentang sumber daya alam yang didalamnya juga terdapat sumber daya alam hayati. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *