Apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer? Manfaat Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer? Manfaat Jaringan Komputer

 

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian dari jaringan komputer sendiri dapat dibedakan menurut beberapa sumber seperti :

  • Menurut Kamus Besar dan Pakar

 

Jaringan komputer adalah sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama.

 

  • Menurut Ensiklopedia Bebas Indonesia

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya dan dapat mengakses informasi bersama.

 

  • Menurut john Gage ( chief researcher )

 

Jaringan komputer adalah hubungan dari dua atau lebih komputer dan perangkat lainnya yang terhubung bersama sehingga mereka dapat berkomunikasi/ perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya.

 

  • Menurut Izaas el Said, pakar jaringan

 

Jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

 

  • Menurut Zymon Machajewski

 

Jaringan komputer adalah suatu perangkat yang saling terkoneksi secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama yakni saling membagikan atau men-share resources alias sumber daya

 

  • Menurut Situs Techi Wire House

 

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung dan ketika komputer bergabung dalam jaringan maka orang dapat berbagi file dan peripheral seperti modem, printer, tape drive cadangan atau CD-ROM drive.   

 

Bisa ditarik kesimpulan bahwa jaringan komputer merupakan kumpulan dari beberapa komponen dan komputer yang saling terhubung dan dapat melakukan komunikasi, pertukaran data dan informasi secara bersama. Setiap komputer yang berada pada jaringan yang sama dapat saling bertukar informasi dan data.

 

Manfaat Jaringan Komputer

 

  • Dapat berbagi sumber daya secara bersama-sama
  • Dengan berbagai sumber daya maka memiliki sumber daya cadangan untuk antisipasi terjadinya kerusakan pada salah satu komputer
  • Menghemat pengeluaran biaya atau memangkas pengeluaran biaya dibanding dengan membangun sebuah komputer mainframe
  • Berbagai perangkat keras seperti printer, hardisk dan perangkat keras lainnya yang dimana penggunaannya tanpa harus dipindahkan yang membuat sistem kerja lebih praktis
  • Berbagi data yang artinya setiap komputer yang terhubung kedalam jaringan akan dapat berbagi data satu sama lain
  • Mendukung kecepatan dalam berkomunikasi yang dimana setiap komputer atau perangkat yang terhubung kedalam jaringan akan dapat berkomunikasi dengan lainnya secara mudah dan tentunya cepat tanpa harus kerepotan.
  • Dapat membantu mendapatkan informasi secara cepat yang dimana jaringan akan membantu mendapatkan informasi secara cepat
  • Mengatasi jarak yang artinya dengan adanya jaringan komputer mampu diakses oleh pengguna yang berada di area yang berjarak jauh
  • Keamanan proteksi dari suatu komputer jaringan dapat lebih seragam yang artinya mencegah jaringan lain didalamnya.

 

Macam-macam Jaringan Komputer

 

  1. Berdasarkan Geografisnya

 

  • LAN

 

Local Area Network atau LAN merupakan jaringan yang mencakup luas wilayah yang lebih kecil atau sempit. Luas dari jaringan LAN bisa diperkirakan tidak lebih dari 1 km. Jaringan ini biasanya dipakai oleh kantor-kantor dan sekolah. Jaringan ini juga terdiri dari jaringan yang berkabel dan jaringan yang tidak berkabel atau wireless. Contoh dari jaringan LAN berbentuk wireless yaitu Wi-Fi.

 

  • MAN

 

Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang cakupan wilayahnya lebih luas dari LAN, jaringan MAN dapat mencakup wilayah dalam satu kota dengan kecepatan data tinggi. Jaringan ini biasa dipakai di area universitas, kantor pemerintahan, dan area lainnya yang mencakup wilayah luas. Jangkauan jaringan dari MAN bisa mencapai hingga 50 km.

 

  • WAN

 

Wide Area Network atau WAN jaringan ini merupakan jaringan yang mencakup wilayah paling luas yaitu mencapai wilayah antar negara dan benua. Transmisi dari jaringan ini menggunakan sistem satelit yang tentunya berbeda dengan transmisi LAN dan MAN. Kecepatan data dari jaringan WAN juga sangat tinggi karena cakupan wilayahnya yang cukup luas.

 

2. Berdasarkan Sumber Data

 

  • Jaringan Terpusat

 

Jaringan ini merupakan jaringan yang terdiri dari satu komputer induk yang fungsinya sebagai sumber data bagi komputer dibawahnya atau bisa disebut komputer terminal. Komputer induk sebagai fasilitas utama dalam menyimpan data-data yang nantinya akan di bagikan atau didistribusikan ke komputer-komputer terminal. Komputer terminal merupakan perantara bagi user atau pengguna untuk mengakses data dari komputer induk.

 

  • Jaringan Terdistribusi

 

Jaringan yang terdiri dari kumpulan komputer induk. Jika jaringan terpusat membutuhkan komputer terminal untuk mengakses komputer induk, didalam jaringan ini semua jaringan komputer terdiri dari komputer induk dimana pembagian data atau distribusi tidak hanya dilakukan oleh satu komputer induk saja.

 

3. Berdasarkan Media Transmisi Datanya

 

  • Jaringan Berkabel

 

Jaringan berkabel atau wired network merupakan jaringan komputer yang media transmisi datanya menggunakan kabel. Fungsi kabel dalam jaringan ini adalah untuk saling menguntungkan komputer dengan komputer lainnya agar dapat melakukan transfer data atau sharing.

 

  • Jaringan Nirkabel

 

Merupakan jaringan kebalikan dari jaringan berkabel dimana jaringan ini tidak membutuhkan kabel dalam proses transmisi datanya melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik. Transfer file atau proses sharing antar komputer dengan jaringan ini dilakukan tanpa adanya kabel atau sering disebut wireless.

 

4. Berdasarkan Hubungan Komputer

 

  • Jaringan Client Server

 

Struktur dari jaringan ini terdiri dari beberapa komputer yang berfungsi sebagai server dan beberapa komputer sebagai client. Jaringan ini pada umumnya menggunakan satu komputer sebagai server dan dan sisanya sebagai client. Peran dari komputer sebagai server adalah sebagai penyedia sumber data dan peran dari komputer client sebagai pengguna sumber data dari komputer server.

 

  • Jaringan Peer to Peer

 

Jaringan ini berbeda dengan jaringan client server dimana komputer server sebagai penyedia sumber data dan komputer client sebagai pengakses data, di dalam jaringan peer to peer kedudukan antara komputer server dan client sama yang artinya semua memiliki peran sebagai komputer server dan komputer client.

 

5. Berdasarkan Topologinya

 

  • Topologi Bus

 

Merupakan salah satu topologi berskala kecil yang dimana perangkat jaringan seluruhnya terhubung ke sebuah kabel tunggal yang disebut dengan bus. Bus sendiri menjadi perantara atau pusat lalu lintas dari jaringan yang saling berhubungan. Ada dua jenis topologi bus yaitu topologi bus linear yang artinya terhubung dari satu kabel saja dan topologi bus distributed yang dimana kabel utama mempunyai cabang.

 

  • Topologi Star

 

Salah satu topologi yang berupa konvergensi dari node tengah menuju ke setiap pengguna node. Kelebihan dari topologi star yaitu tingkat keamanan yang tinggi begitu juga dengan kemudahan mendeteksi kesalahan.

 

  • Topologi Mesh

 

Merupakan hubungan jaringan antar perangkat yang dapat menghubungkan perangkat satu dengan lainnya yang berada dalam satu jaringan. Kelebihan dalam topologi ini yaitu keamanannya lebih terjamin dan juga apabila terjadi kerusakan koneksi dari salah satu komputer dengan komputer lain maka tidak akan menggangu koneksi komputer tersebut ke komputer lainnya.

 

  • Topologi Tree

 

Topologi ini merupakan gabungan dari topologi star dan juga topologi bus dimana topologi ini merupakan kumpulan dari topologi star yang kemudian dihubungkan ke dalam topologi bus. Topologi tree disebut juga dengan jaringan bertingkat.

 

  • Topologi Ring

 

Sama seperti namanya topologi ini berbentuk cincin yang terbentuk dari rangkaian titik yang saling terhubung. Topologi ini mempunyai titik yang fungsinya untuk memperkuat sinyal.

 

  • Topologi Linear

 

Topologi linear juga disebut dengan topologi bus beruntun, dimana setiap satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan. Kelebihan dari topologi ini yaitu menghemat kabel, mudah untuk dikembangkan, murah, dan juga sederhana.

 

Itulah penjelasan mengenai jaringan komputer mulai dari pengertian, manfaat, hingga macam-macam jaringan komputer. Mohon maaf jika ada kesalahan informasi dan semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *