Cara Memutihkan Sepatu dan Cara Menghitamkan Sepatu

Cara Memutihkan Sepatu dan Cara Menghitamkan Sepatu

Cara Memutihkan Sepatu

Bagi kaum milenial pecinta sneakers putih, jangan khawatir pada noda-noda membandel pada sepatu kesayangan anda. Kini berbagai macam Cara Memutihkan Sepatu bisa anda dapatkan dimana saja dengan barang yang mudah ditemukan. Bagi kalian fans berat Stans Smith, Vans, Air Force 1, pasti suka menyimpan sepatu putih ini di dalam lemari sepatu. Eitss, jangan dulu! Kali ini kami akan memberikan 8 tips dan trik agar warna spatu tetap cemerlang seperti saat pertama kali membeli.

Pasta gigi

Dengan pasta gigi yang anda sering anda gunakan untuk memutihkan gigi bisa juga untuk memutihkan sepatu kalian loh! Tentu saja dengan mengoleskan sedikit pasta gigi yang sering anda gunakan ke sepatu putih yang sudah dibasahi sedikit dengan air maka hasilnya akan magic! Pata gigi ini mengandung bahan pemutih yang baik untuk gigi maupun sepatu kita.

Sampo dan pencuci piring

Sama seperti pasta gigi, sampo maupun sabun pencuci piring bisa digunakan untuk membersihkan noda disepatumu tanpa merusak warna dan bahan sepatu. Cukup oleskan sedikit sampo atau pencuci piring kedalam spons atau pasta gigi yang sudah dibasahi oleh air. Oleskan keatas noda sepatu yang membandel lalu bilas dengan air sampai bersih.

Perasan jeruk nipis dan garam

Bahan alami dari dapur ini bisa juga menghilangkan noda yang membuat kamu sebal. Jangan khawatir, perasan jeruk nipis dan garam yang dilarutkan menjadi satu akan menyulap sepatumu menjadi bersih kembali.

Untuk penggunaannya cukup 3 sendok air dari jeruk nipis dan tambahkan setengah sendok the garam lalu diaduk menjadi satu. Setelah itu oleskan kedalam noda yang menguning. Setelah itu diamkan hingga mongering dan bilaslah sampai bersih, bila tidak bersih kamu bisa menyikatnya dengan adonan jeruk nipis dan garam ini.

Baking soda

Bahan ramah dapur ini memang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue dan menjadi bahan utama dalam pembuatan kue. Nmun jangan salah sangka baking soda bisa memutihkan apa saja termasuk sepatu. Selain itu bila digunakan secara rutin untuk membersihkan gigi, baking soda bisa untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya pun sama seperti memutihkan sepatu dengan pasta gigi.

Penghapus

Ajaibnya penghapus mungil ini bisa digunakan untuk menyulap sepatumu loh.  Penghapus tidak hanya berperan sebagai alat tulis menulis saja, namun bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel di sepatu putihmu. Selain barang yang mudah didapat, alat mungil ini juga ampuh dalam membersihkan noda yang tidak terlalu banyak.

Cuka putih

Bahan ini ampun dalam membersihkan noda-noda di sepatu, baju maupun tas yang berwarna dasar putih. Seperti halnya jeruk nipis, kandungan asam didalamnya memiliki peran penting sehingga dapat membantu proses pembersihan. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam membersihkan menggunakan cuka, karena dapat membuat bagian karet dapat terkelupas atau retak apabila midsole sepatumu tidak kuat.

Semir sepatu

Orang awam mengira semir sepatu warna hitam untuk sepatu yang berwana hitam atau coklat saja. Faktanya semir sepatu juga ada yang berwarna netrak. Semir berwarna netral ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sepatu putih kamu bersih mengkilap.

Pemutih pakaian.

Menggunakan bahan ini bisa menjadi salah satu alternatif kalian para pecinta white sneakers. Dalam memanfaatkan bahan ini, kamu tentu oerlu sikat gigi untuk mengoleskan ke sepatu dan menggosoknya secara perlahan. Bilas dengan air secukupnya sampai bersih. Selain sikat gigi, gunakan sarung tangan karet agar tangan kamu aman dengan hal yang tidak diinginkan. (pil)

Cara Menghitamkan Sepatu

Cara menghitamkan sepatu untuk pecinta sneakers tidaklah sulit. Bagi kita pecinta sepatu, untuk sepatu berwarna hitam memang tidak mudah kotor. Namun tanpa kita sadari pemakaian sehari-hari dan paparan debu maupun kotoran bisa membuat warna sepatu hitam jadi memudar. Berikut akan kami paparkan cara menghitamkan sepatu kesayangan kita.

Menggunakan semir sepatu hitam

Cara ini cukup awam digunakan sehari-hari bagi kalian yang memeiliki sepatu untuk dikantor maupun untuk sekolah. Salah satu cara menghitamkan sepatu yang terbaik adalah memakai semir sepatu hitam. Semir ini tidak berfungsi untuk mengilapkan sepatu saja, biisa digunakanan untuk mengembalikan warna sepatu yang telah memudar.

 

Cara menghitamkan sepatu dengan semir ini bisa kalian lakukan dirumah. Dengan membeli krim semir sepatu yang anda sukai di took-toko terdekat sangatlah terjangkau. Sesudah semir sepatu tersedia selanjutnya bersihkan sepatu dengan kain terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dengan kain. Lalu aplikasikan semir ke sepatu anda yang mengalami bagian yang butuh disemir dengan menggunakan kain lembut. Ulangi secukupnya dan setelah itu sepatu kesayangan anda bisa digunakan kembali.

Menggunakan pewarna kain

Cara berikutnya adalah menggunakan pewarna kain yang bewarna hitam. Cara ini bisa digunakan untuk sepatu berbahan dasar kain, seperti sepatu kanvas, sepatu sekolah bahkan sepatu sneakers. Cara ini cukup mudah dilakukan karena bisa anda coba dimana-mana bahkan dirumah anda. Namun perlu kalian ketahui cara ini bisa merusak material sepatu anda jika digunakan secara berlebihan. Gunakan cara ini saat sepatu benar-benar memudar dan memilliki material yang kuat. Step-step nya sebagai berikut:

  • Lepas tali sepatu pada sepatu yang akan kalian hitamkan.
  • Cuci sepatu menggunakan air dan pemutih agar warna hitamnya memudar.
  • Jemur sepatu sampai kering
  • Masukkan pewarna kain kedalam wadah air mendidih
  • Masukkan sepatu yang sudah kering kedalam wadah yang berisi air dan pewarna kain saat sudah hangat.
  • Setelah warna dirasa meresap, angkat sepatu dan jemur sampai benar-benar kering.

Semir rambut

Semir rambut ini juga memiliki khasiat yang ampuh didalamya. Jika semir tidak mampu untuk menghitamkan sepatu, mungkin kalian bisa menggunakan cara satu ini. Hanya dengan semir rambut berharga 10-20ribu rupiah membuat sepatu anda bisa seperti baru lagi. Metode ini bisa digunakan oleh sepatu berbahan kanvas maupun sneakers hitam yang warnanya sudah mulai memudar. Langkah-langkah dalam menghitamkan sepatu adalah sebagai berikut:

  • Sediakan semir rambut berwarna hitam dan sepatu yang ingin anda warnai
  • Jika sepatu memiliki sudut kepudaran yang tidak merata, tutup bagian yang tidak ingin kamu semir menggunakan lakban atau isolasi berwarna hitam. Jika sepatu yang akan kamu semir memudar semua, tidak usah diberi lakban atau isolasi.
  • Lepaskan tali sepatu agar tak terkena semir rambut.
  • Campurkan semir rambut dengan air hingga menjadi adonan kecil. Lalu oleskan semir rambut keatas sepatu yang ingin kamu semir.
  • Jika dirasa sudah selesai, segera jemur sepatu di tempat yang kering dan berangin.

 

Spidol permanen

Cara menghitamkan sepatu yang terakir ini bisa memanfaatkan barang bekas disekitar anda. Jika sepatu anda sudah mulai memudar lukislah dengan menggunakan spidol permanen berwarna hitam. Cara ini sebagai alternatif metode penghitaman sepatu yang mudah dan cepat. Untuk menjangkau barang ini pun tidak perlu membayar mahal, hanya dengan sepuluh ribu sampai dua puluh ribu rupiah anda bisa menjangkau barang ini. Yang perlu kamu perhatikan jika metode ini tidak berlangsung cukup lama karena spidol tidak akan bertahan lama jika terkena air langsung.

Tips menjaga awet warna sepatumu:

  • Rawatlah sepatumu agar tidak terkena banyak debu dan kotoran.
  • Rajinlah membersihkan sepatumu dengan menggunakan tissue basah atau bahan empuk lainnya seperti kain perca atau kain latex.
  • Semir sepatu seminggu sekali agar mendapatkan warna yang awet.
  • Jika kamu saying sepatumu, jangan sering-sering memakai sepatumu ditempat yang kotor seperti di lumpur, genangan air, tempat sampah, dan lain-lain. (pil)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *