Jenis jenis komputer secara umum berdasarkan fungsinya dan contoh

Jenis jenis komputer secara umum berdasarkan fungsinya dan contoh – Jenis-jenis komputer sangat beragam dan sejarah dari komputer sendiri sudah ada sejak dulu tepatnya tahun 1940-an dimana bentuk komputer pada jaman itu masih sangat rumit namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi komputer pada masa modern ini lebih praktis dan tentunya kemampuannya jauh lebih canggih. Jenis-jenis komputer pada dasarnya di bagi kedalam beberapa bagian berdasarkan kategorinya masing-masing. Berikut jenis-jenis komputer yang ada berdasarkan kategorinya.

Jenis komputer Berdasarkan Generasi nya

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama lahir dan bertahan dari tahun 1946 hingga 1959. Komputer generasi pertama dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh komputer itu sendiri. Ciri-ciri dari komputer generasi pertama diantara lain : menggunakan sirkuit vacum tube atau tabung hampa udara, ukurannya sangat besar membutuhkan tempat yang tidak sedikit, daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankannya sangat besar, kapasitas penyimpanan data yang sangat terbatas dan prosesnya sangat lama.

Contoh komputer generasi pertama yaitu : ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Calculator ) dan EDVAC ( Electronic Disrete Variable Automatic Computer )

Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi kedua lahir dan bertahan dari tahun 1959 hingga 1964. Komputer generasi kedua sudah sedikit berkembang dengan mengganti vacum tube atau tabung hampa udara dengan transistor. Komponen pada komputer generasi kedua juga mempunyai komponen yang sama dengan komputer pada jaman modern yaitu adanya sistem operasi, memori, dan penyimpanan berupa disket.

Ciri-ciri dari komputer generasi kedua diantaranya : penggunaan sirkuit sudah menggunakan transistor, kapasitas penyimpanan lebih besar dari komputer generasi pertama, daya listrik yang dibutuhkan juga sudah mengalami penurunan, simpanan pada komputer sudah berbentuk removable disk.

Contoh komputer generasi kedua : ILLIAC-11, IBM 7090, dan IBM 1401

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga lahir dan bertahan dari tahun 1964 hingga 1970. Komputer ini sudah mengenal chips dimana komponen yang sebelumnya terdiri dari komponen yang terhitung besar menjadi komponen yang lebih kecil dan minimalis. Komputer generasi ini juga mulai menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Ciri-ciri dari komputer generasi ketiga diantaranya : sirkuit menggunakan integrated cicuits ( IC ), software dari komputer generasi ketiga sudah mulai meningkat, kapasitas memori lebih besar, daya yang digunakan tidak besar dan termasuk hemat, dapat melakukan multi processing.

Contoh komputer generasi ketiga : IBM System 360 dan DEC PDP-8.

Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat lahir dan bertahan dari tahun 1979 hingga 1982. Komputer ini sudah mengalami banyak sekali kemajuan dan juga komponen dalam komputer generasi ini sudah sangat mumpuni.

Ciri-ciri dari komputer generasi keempat diantaranya : pengembangan komputer micro menggunakan processor berbentuk chips, komponen sudah mumpuni, daya listrik semakin hemat.

Contoh komputer generasi keempat : PC Apple II, Honeywell 700, Cyber, Burroghs 600.

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima lahir dan bertahan dari tahun 1982 hingga saat ini. Komputer model sekarang adalah komputer generasi kelima dimana semua komponen sudah serba canggih dan juga semakin meningkat kualitasnya.

Ciri-ciri komputer generasi kelima diantaranya : kemampuan dan kualitas dari komputer ini lebih hebat, komponen sudah canggih, sistem operasi sudah berkembang.

Contoh komputer generasi kelima : laptop, PC.

Berdasarkan Data yang Diolah

Komputer Analog

Komputer yang didesain untuk bekerja paralel dan mengolah data secara berlanjut. Data yang dikerjakan di komputer analog meliputi data kuantitatif dan data besaran fisik. Kelebihan dari komputer analog adalah pengolahan data yang cepat. Jenis dari komputer ini diantaranya termometer, voltmeter, pengukur arus.

Komputer Digital

Komputer digital didesain untuk bekerja berdasarkan operasi hitung yang dimana variabel dari komputer ini dimuat dalam bentuk angka. Data yang umum ada pada komputer ini berbentuk angka dan simbol. Jenis komputer digital salah satunya adalah kalkulator.

Komputer Hybird

Komputer yang menggabungkan antara komputer analog dan juga komputer digital. Proses kerja dari komputer ini juga lebih cepat dan tepat dibandingkan komputer digital dan analog. Proses kerja dari komputer ini juga lebih optimal dibandingkan komputer analog dan digital. Sistem kerja dari komputer ini biasanya mengirim sebuah grafik.

Berdasarkan Ukurannya

Microcomputer

Microcomputer merupakan komputer dengan ukuran paling kecil. Desain dari jenis komputer ini sangat simpel dan mudah digunakan dan dibawa membuatnya menjadi jenis komputer yang sering digunakan. Contoh dari jenis komputer ini adalah laptop, netbook, notebook, desktop,  gadget, tablet.

Minicomputer

Ukuran dari minicomputer lebih besar dari microcomputer dan kapasitasnya juga lebih mumpuni. Minicomputer tidak umum digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau jarang sekali digunakan untuk umum. Komputer jenis ini lebih sering digunakan didalam sebuah perusahaan atau dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan minicomputer sangatlah praktis dan juga mumpuni untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Mainframe Computer

Kecepatan pengolahan data dan juga kapasitas dari mainframe computer lebih besar dari minicomputer ukurannya pun juga lebih besar. Namun sama seperti minicomputer, mainframe computer juga tidak digunakan untuk pribadi atau single user karena komputer jenis ini tidak cocok untuk dipakai sehari-hari. Mainframe computer lebih digunakan untuk membantu kerja perusahaan-perusahaan besar dan juga lembaga lain seperti lembaga pendidikan dan lain-lain.

Supercomputer

Merupakan komputer dengan jenis yang paling besar. Komputer ini juga memiliki daya olah data super cepat dan dapat menjalankan perintah lebih dari milyaran. Kapasitas supercomputer merupakan yang terbesar dan tercanggih diantara jenis komputer. Supercomputer biasanya digunakan oleh organisasi besar yang memiliki aktifitas yang sangat padat. Penggunaan dari komputer ini juga biasanya digunakan untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Berdasarkan Fungsinya

Embledded System

Sistem yang penggunaannya dengan cara ditancapkan pada suatu mesin. Embledded system dirancang untuk melakukan tugas dan fungsi khusus yang artinya system ini hanya menjalankan fungsi atau tugas tertentu saja sesuai dengan sistem yang telah diset dan tidak termasuk dalam kelompok komputer serbaguna.

Information Appliances

Fungsi dari komputer jenis ini lebih ke proses pengerjaan elektronik.

Workstation

Fungsinya yaitu digunakan untuk melayani dan terdiri dari beberapa perangkat tambahan. Kemampuan dari workstation lebih optimal dan lancar dibandingkan dengan PC. Secara fisik komputer jenis ini sama dengan komputer PC yang membedakan adalah perangkat tambahan yang terdapat di komputer workstation. Komputer jenis ini banyak ditemukan di kantor-kantor atau di sekolah.

Server

Fungsi dari server yaitu melayani client dalam artian bahwa server melakukan transfer data atau sebagainya ke client. Karena fungsinya yang melayani client terus menerus komputer ini biasanya tidak pernah dimatikan atau selalu hidup sebagai pelayan dari client-client.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis komputer yang dibedakan berdasarkan pada kategorinya masing-masing. Tentu sudah paham bukan dengan penjelasan diatas mengenai jenis-jenis komputer? Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *