Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi Arkaekum Paleozoikum Mesozoikum

Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Dalam ilmu geologi tersebut, zaman prasejarah digambarkan dengan menjelaskan bagaimana permukaan bumi beserta kehidupannya. Pembagian zaman berdasarkan geologi, waktu sejak terjadinya dunia sampai kini itu dapat dibagi atas zaman-zaman.

Pembagian

  • Arkaekum (4,5 miliyar-570 juta tahun yang lalu)

Zaman arkaekum merupakan zaman tertua yang diperkirakan berlangsung selama 2.500 juta tahun. Pada zaman itu bumi masih dalam proses awal terbentuk dan masih berupa bola gas panas yang berputar pada porosnya. Di zaman itu kulit bumi masih dalam proses pembentukan, sehinnga tidak ada mahluk yang hidup pada zaman itu.

  • Paleozoikum (570-225 juta tahun yang lalu)

Zaman kelanjutan dari Arkaekum ini disebut juga dengan zaman primer atau zaman pertama, berlangsung kira-kira selama 340 juta tahun. Pada zaman ini tanda-tanda kehidupan sudah muncul, mulai dari mikroorganisme, binatang kecil yang tak bertulang belakang, hewan bersel satu seperti bakteri, sampai jenis ikan dan amphibi.

  • Mesozoikum/Sekunder (252-65 juta tahun yang lalu)

Mesozoikum aberlangsung kurang lebih selama 186 juta tahun. Zaman ini merupakan masa berkembangnya kehidupan khususnya hewan reptil seperti Dinosaurus Pembagian zaman mesozoikum berdasarkan geologi terbagi menjadi tiga zaman, pembagian zaman mesozoikum berdasarkan geologi :

 

  • Periode Trias (252 – 201 juta tahun yang lalu)

 

Zaman ini adalah awal mula kemunculan dinosaurus dan reptilia laut berkuran besar. Perkembangan kehidupan di zaman trias menunjukan banyak terjadi perubahan, baik untuk kenis fauna golongan Vertebrata maupun golongan Invertebrata. Golongan Invertebrata Filum Brachiopoda dan Filum Mollusca serta Filum Arthropoda. Untuk Filum Mollusca termasuk di antaranya dari Kelas Pelecypoda dan Kelas Cephalopoda sedang untuk Pilum Arthropoda khususnya yang termasuk Kelas Crustacea. Sementara untuk jenis flora menunjukan adanya perkembangan yang pesat. Jenis Vertebrata khususnya  reptilia Rutiodon sebangsa Phytosaurus yang mulai muncul semula hidup dalam lingkungan air kemudian mengadaptasikan diri hidup dalam lingkungan darat yang kemudian punah pada zaman ini.

  • Periode Jura (201 – 145 juta tahun yang lalu)

Zaman Jura merupakan masa kejayaan bagi dinosaurus. Pada zaman ini hewan reptilia berkembang pesat jumlahnya dan dinosaurus menguasai daratan. Daerah lautan dikuasai oleh Ichtyosaurus  dan Pterosaurus merajai udara. Dinosaurus tumbuh dan berkembang dengan ukuran yang luar biasa. Benua Pangea terbelah menjadi beberapa bagian, yaitu Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika, sedangkan Amerika Selatan memisahkan diri dari Antartika dan Australia.

 

  • Periode Cretaceus/Kapur (145 – 66 juta tahun yang lalu)

Pada zaman kapur ini terdapat banyak dinosaurus raksasa dan reptilia terbang. Untuk pertama kalinya Mamalia berari-ari muncul. Zaman periode kapur merupakan akhir bagi Dinosaurus Ichtiyosaurus, Pterosaurus, Plesiosaurus, Amonit dan Belemnit. Dinosaurus itu mengalami kepunahan dan sementara itu mamalia dan tumbuhan berbunga mulai bermunculan dan berkembang menjadi banyak bentuk berbeda. Zaman kapur merupakan akhir bagi kehidupan binatang-binatang raksasa.

 

  • Neozoikum/Kainozoikum (65 juta tahun yang lalu-sekarang)

Pada zaman neozoikum, bumi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena cikal bakal manusia sudah mulai muncul. Menurut ilmu geologi, neozoikum merupakan masa terakhir dari masa klasik geologi. Zaman Neozoikum ini berlangsung selama 65 juta tahun sampai sekarang, setelah peristiwa kepunahan massal Kapur-Tersier pada akhir periode kapur yang menandai punahnya dinosaurus dan berakhirnya masa Mesozoikum.

Periode

Di Masa Neozoikum, benua-benua terus berpisah semakin menjauh. Iklim dunia mengalami perubahan dan semakin menuju ke musim dingin sejalan dengan pergerakan benua mendekati kutub-kutub. Sedangkan India menuju ke arah tabrakan dengan Benua Asia. Sebagai reaksi dari perubahan iklim ini, burung-burung, tanaman dan serangga mulai beradaptasi. Para primata mulai menjadi mapan dan mulailah masa Paleosen Epoch dengan seri pertama dari penyebaran pada satu waktu yang kelak melahirkan genus Homo. Pembagian Zaman Neozoikum berdasarkan geologi terbagi menjadi 2 periode, yaitu :

 

1. Periode Tersier

Zaman Tersier berlangsung sekitar 60 juta tahun, ditandai dengan munculnya beragam jenis binatang menyusui (mamalia) termasuk primata seperti kera. Sedangkan jenis reptil raksasa lambat laun lenyap. Zaman tersier dibagi menjadi lima kala, yang tertua ke muda: kala Paleosen, Eosen, Oligosen, Miosen, dan Pliosen.

 

2. Periode Quarter

Zaman Periode Quarter ini sangat penting, karena pendapat umum menyetujui bahwa zaman ini mulai ada manusia purba, dan bukti berupa fosil telah banyak ditemukan. Zaman ini dimulai sejak 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi zaman diluvium atau pleistosen dan alluvium atau holocaen.

 

Zaman prasejarah adalah zaman yang memiliki kurun waktu yang sangat lama, sehingga muncul sistem pembabakan untuk mempermudah mempelajari zaman prasejarah tersebut. Salah satunya pembagian zaman berdasarkan geologi, yaitu ilmu yang mempelajari kulit bumi, maka waktu sejak terjadinya dunia sampai kini itu dapat dibagi atas zaman-zaman.

Bumi ini telah terbentuk dengan begitu lama sekali. Makhluk hidup yang tinggal di bumi ini sangatlah bermacam-macam pada saat itu. Sebagai manusia kita hendaknya berpikir tentang bagaimana untuk tetap menjaga bumi ini agar tetap lestari, seperti halnya mereka yang dulu menghuni bumi ini. Janganlah kita dengan serakahnya gampang merusak bumi ini, yang merupakan tinggalan nenek moyang kita, dan titipan anak cucu kita.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *