Pengertian HAM secara umum dan contoh pelanggaran yang PAS Lengkap

Pengertian ham secara umum dan contoh pelanggaran yang PAS

Pengertian HAM

Hak Asasi Manusia atau HAM adalah prinsip moral yang menggambarkan perilaku dan hak-hak yang dilindungi secara hukum dan bersifat sangat mutlak. HAM memiliki aturan hukum dimana manusia harus menghormati hak satu sama lain. Setiap orang mempunyai hak asasi kemanusiaan dimana setiap orang harus saling menghormati dan menjaga hak asasi mereka masing-masing, jika seseorang melanggar atau bahkan mengusik hak asasi orang lain dapat dikenakan hukuman. HAM adalah hak manusia yang paling mutlak itulah sebabnya pelanggaran HAM bisa dikatakan pelanggaran yang berat karena menyalahi hak yang mutlak tersebut.

Pengertian Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM adalah pelanggaran atau tindakan seseorang dalam bentuk membatasi, menghalangi, mencabut bahkan menghilangkan has asasi orang lain. Bentuk pelanggaran HAM dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu pelanggaran HAM ringan dan pelanggaran HAM berat berikut penjelasan beserta bentuk pelanggarannya.

Bentuk-bentuk Pelanggaran HAM

 

  • Pelanggaran HAM Ringan

 

Tindakan seseorang atau kelompok yang menyalahi aturan dan membatasi atau mencabut hak asasi orang lain tanpa adanya perilaku kekerasan yang terjadi didalamnya. Pelanggaran HAM ringan banyak ditemukan dalam masyarakat dan jika pelanggaran tersebut tidak segera dicegah dan di tangani dapat menyebabkan pelanggaran lainnya yang bahkan bisa lebih berat. Bentuk dari pelanggaran ini dapat berupa pencemaran nama baik, diskriminasi, sikap brutal dan lainnya. Berikut contoh pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan masyarakat baik di sekolah, lingkungan masyarakat hingga lingkungan keluarga.

 

  • Tawuran pelajar atau tawuran antar masyarakat
  • Penganiayaan terhadap orang lain
  • Pembulian oleh siswa sekolah atau bahkan masyarakat
  • Membatasi seseorang dalam menyampaikan pendapat
  • Eksploitasi anak-anak
  • Kekerasan dalam rumah tangga
  • Menghilangkan hak anak untuk menempuh pendidikan
  • Main hakim sendiri yang biasanya dilakukan oleh masyarakat
  • Merusak dan mencuri fasilitas umum maupun pribadi
  • Membatasi hak seseorang untuk melakukan ibadah
  • Mendesak seseorang untuk memeluk agama tertentu
  • Pelanggaran HAM Berat

 

Bentuk pelanggaran berat dapat di golongkan menjadi 2 yaitu genosida dan kejahatan manusia. Genosida adalah pembunuhan bersekala besar terhadap suatu suku ras atau golongan tertentu dengan tujuan untuk melenyapkan. Contoh dari genosida sendiri yaitu pembantaian, pembunuhan suatu kelompok atau organisasi, pencegahan lahirnya kelompok atau organisasi baru. Berikut adalah contoh dari pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi.

Contoh pelanggaran HAM berat di Indonesia

 

  • Kasus Munir

 

Kasus terbunuhnya Munir Said Thalib atau seorang aktivis HAM merupakan pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia. Munir tewas di dalam pesawat Garuda Indonesia saat menuju ke Amsterdam. Kasus ini hingga sekarang masih belum bisa di pecahkan dan banyak teori yang menyebutkan bahwa Munir tewas akibat di racun.

 

  • Tragedi Trisakti

 

Kasus atau tragedi berdarah yang terjadi pada tahun 1998. Tragedi ini melibatkan mahasiswa dan juga aparat keamanan yang dimana terjadi penembakan oleh aparat kepada mahasiswa dan menewaskan 4 orang dan menyebabkan puluhan mahasiswa luka-luka.

 

  • Kasus Marsinah

 

Kasus pembunuhan Marsinah merupakan kasus pelanggaran HAM yang hingga kini masih belum bisa terpecahkan. Kasus ini bermula saat Marsinah melakukan demo mogok kerja karena perusahaannya melakukan PHK tanpa adanya sebab yang jelas. Namun 5 hari setelah demo tersebut Marsinah yang merupakan penggerak aktivis demo ditemukan tewas mengenaskan tanpa di ketahui siapa pembunuh dari Marsinah.

 

  • Kasus Penembak Misterius atau Petrus

 

Kasus pelanggaran HAM ini terjadi pada tahun 1982 – 1985. Peristiwa Petrus adalah sebuah penculikan dan pembunuhan orang-orang yang terduga sebagai preman. Para preman di tangkap dan dibunuh dan banyak juga mayat yang ditemukan di dalam hutan atau bahkan pinggir jalan dengan keadaan tertembak dan terikat. Sampai sekarang belum diketahui siapa pelaku pembunuhan ini dan jumlah dari korban mencapai ratusan orang.

 

  • Pemberontakan GAM

 

Gerakan Aceh Merdeka atau GAM merupakan gerakan dimana pemberontak dari Aceh ingin mendapatkan kemerdekaan sendiri dari Indonesia. Konflik yang mulai terjadi pada tahun 1976 antara pemberontak GAM dan pemerintah ini menimbulkan puluhan ribu korban jiwa dan tentunya kasus ini merupakan salah satu kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia.

 

  • Peristiwa Tanjung Priok

 

Peristiwa ini terjadi antara warga masyarakat dengan aparat yang ditimbulkan adanya unsur SARA dan politis. Kasus ini termasuk pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi karena dalam tragedi ini banyak sekali korban jiwa.

 

  • Pembunuhan Salim Kacil

 

Peristiwa ini terjadi di Lumajang, Jawa Timur yang berawal dari aktivitas penambangan liar yang terjadi di wilayah tersebut dan seorang bernama Salim Kacil ingin menghentikan aktivitas ilegal tersebut. Namun beberapa hari setelah usaha Salim untuk menghentikan aktivitas tersebut Salim justru ditangkap dan dibunuh oleh beberapa orang. Kasus ini sudah ditangani oleh pihak berwajib dan para pelaku pembunuhan sudah ditangkap dan diamankan.

 

  • Konflik Poso

 

Konflik atau peristiwa ini dimulai dari tahun 1998 hingga tahun 2000. Peristiwa ini bermula ketika terjadi pemilihan Bupati di daerah Poso yang dilandasi oleh sikap keagamaan yang berlebihan. Konflik ini melibatkan faktor perbedaan agama, dan politik sebagai faktor utama. Akhirnya konflik pun pecah dan banyak terjadi kerusuhan dan juga pembunuhan dan pembantaian yang terjadi di Poso. Kasus ini merupakan salah satu kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Contoh pelanggaran HAM berat internasional

 

  • Rezim Hitler di Jerman

 

Adolf Hitler merupakan pemimpin pasukan Nazi yang saat itu berkuasa di Jerman. Pemerintah Hitler terkenal dengan pemerintahan yang kejam banyak sekali kasus pembunuhan, pembantaian, pemerkosaan yang dilakukan pemerintahan tersebut dan korban kebanyakan berasal dari orang keturunan Yahudi karena memang Hitler merupakan orang yang anti-yahudi. Kasus ini menjadi salah satu peristiwa pelanggaran HAM berat internasional.

 

  • Bentrokan di Mesir

 

Bentrokan yang terjadi antara oposisi dan pemerintah Mesir ini merupakan salah satu pelanggaran HAM berat internasional. Kasus atau peristiwa ini bermula ketika rakyat Mesir menuntut Presiden pada saat itu yaitu Hosni Mubarak untuk mundur dari jabatannya yang sudah lebih dari 4 dekade. Rakyat berdemo dan turun kejalan sebagai bentuk protes mereka terhadap krisis ekonomi yang terjadi di Mesir. Peristiwa bentrokan antara rakyat dan aparat pun tak bisa dihindari banyak korban dalam peristiwa tersebut termasuk presiden Hosni Mubarak yang tewas ditangan rakyatnya sendiri.

 

  • Kasus Perbedaan Ras di Afrika Selatan

 

Kasus Perbedaan ras antara ras kulit putih dan kulit hitam di Afrika Selatan ini di sebabkan oleh pemerintah yang saat itu dikuasai oleh ras kulit putih membuat sebuah aturan dan ketentuan yang membuat ras kulit hitam merasa sangat dirugikan. Akhirnya terjadi sebuah konflik dan pemberontakan yang terjadi di Afrika Selatan dan banyak sekali melibatkan korban jiwa dari golongan ras kulit putih maupun ras kulit hitam.

 

Itulah penjelasan lengkap tentang HAM, pengertian pelanggaran HAM dan Contoh pelanggaran HAM. HAM yang sudah menjadi sebuah hak yang mutlak dari seseorang tentu harus selalu di hormati oleh orang lain dan tidak dibenarkan adanya pencabutan bahkan larangan terhadap hak asasi seseorang. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *