Pengertian Masalah Sosial, Faktor Penyebab, dan Contoh

Pengertian, Faktor Penyebab, dan Contoh Masalah Sosial

 

Pengertian Masalah Sosial

 

Masalah sosial adalah sebuah masalah yang terjadi dimasyarakat karena kondisi yang tidak sesuai atau ideal yang mengakibatkan timbulnya perilaku menyimpang dari sebuah aturan. Sesuatu yang tidak sesuai atau ideal bisa diartikan sebagai kondisi dimana masyarakat mengalami kekurangan ekonomi atau sebagainya yang dimana selama kondisi tersebut ada di masyarakat maka masalah sosial akan terus ada. Masalah sosial bisa diartikan juga sebagai perbedaan antara harapan dan kenyataan. Karakteristik dari masalah sosial sendiri diantara sebagai berikut :

  • Suatu masalah bisa dikatakan sebagai masalah sosial jika semua orang ikut merasakan masalah tersebut. Tidak ada jumlah batasan orang untuk merasakannya namun jika suatu masalah tersebut sudah menjadi bahan perbincangan dan berita dimana-mana maka masalah tersebut adalah masalah sosial
  • Kondisi tidak menyenangkan yang dinilai masyarakat merupakan sebuah masalah sosial. Artinya setiap kejadian yang membuat masyarakat merasa tidak nyaman dan dirasa tidak menyenangkan disebut masalah sosial.
  • Sebuah kondisi dimana masyarakat ingin memecahkan suatu masalah yang merupakan bentuk dari suatu masalah sosial. Sifat dan keinginan masyarakat untuk memecahkan masalah sosial karena adanya rasa ketidaknyamanan dari masyarakat sendiri dan berusaha untuk memecahkannya.
  • Masalah sosial harus diselesaikan secara bersama artinya masalah sosial berbeda dengan masalah individu yang bisa diselesaikan sendiri. Masalah sosial harus diselesaikan dan akan menyangkut orang banyak untuk menyelesaikannya.

Upaya pengendalian masalah sosial bisa dilakukan dengan cara sosialiasi antar masyarakat. Dengan sosialisasi dapat menjadikan masyarakat untuk berperan dan berperilaku sesuai dengan peran masing-masing.

 

Faktor Penyebab Masalah Sosial

 

Setiap permasalahan pasti memiliki sebuah faktor yang menyebabkan masalah tersebut.  Faktor dari penyebab masalah sosial sendiri pun cukup beragam dan berikut faktor-faktor nya.

 

  • Faktor ekonomi

 

Merupakan faktor terjadinya masalah sosial yang paling sering terjadi. Masalah yang timbul dari faktor ekonomi biasanya pengangguran, kemiskinan. Faktor ini terjadi bisa karena masyarakat sendiri atau karena pemerintah. Terjadi masalah sosial karena masyarakat sendiri biasanya karena masyarakat tersebut malas dan tidak berusaha untuk bangkit dan mencari lapangan pekerjaan atau sebagainya untuk menunjang ekonomi mereka. Masalah ini bisa terjadi karena pemerintah kurang memberikan lapangan pekerjaan akhirnya banyak masyarakat yang masih menganggur dan kemiskinan pun melanda masyarakat tersebut.

 

  • Faktor Budaya

 

Masalah sosial karena faktor budaya bisa diartikan bahwa semakin banyak budaya yang masuk ke dalam masyarakat namun masyarakat tidak bisa memilah dan mengartikan budaya itu sendiri akhirnya timbul masalah atau perilaku menyimpang di masyarakat seperti kenakalan remaja, nikah dini dan sebagainya. Saat ini masyarakat memang tengah dilanda budaya asing yang masyarakat sendiri tidak bisa menyikapinya dengan baik. Faktor-faktor kebudayaan ini memang menjadi perhatian serius dimasyarakat karena masalah yang timbul dari faktor ini semakin banyak terjadi. Cara untuk mengatasi dan menurunkan tingkat masalah yang terjadi karena faktor ini memang harus berasal dari masyarakat itu sendiri artinya masyarakat harus bisa memberitahukan bahaya yang timbul dari masalah sosial karena faktor budaya tersebut kepada masyarakat lain.

 

  • Faktor Biologis

 

Faktor ini juga dapat menimbulkan masalah sosial seperti contohnya adanya penyakit menular dan juga kekurangan gizi. Hal yang menjadi dasar dari faktor ini juga ada kaitannya dengan faktor ekonomi yaitu seperti masyarakat tidak mampu membayar biaya pemeriksaan dirumah sakit atau juga bisa terjadi karena kurangnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Cara untuk mengatasi masalah sosial yang timbul karena faktor ini antara lain penyediaan fasilitas-fasilitas yang lebih memadai dan lebih terjangkau untuk masyarakat serta menyadarkan pentingnya masyarakat untuk menjaga kesehatan.

 

  • Faktor Psikologis

 

Faktor ini sering muncul terjadi di masyarakat karena memang ada beberapa orang atau masyarakat yang memiliki psikologis yang lemah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah sosial yang timbul dari faktor psikologis contohnya tidak bisa mengontrol emosi dan akhirnya melakukan tindakan yang keliru, pekerjaan yang tak terselesaikan kemudian kesal dan berujung amarah dapat juga terjadi dan menimbulkan sebuah permasalahan individu maupun di masyarakat.

 

Contoh-contoh Masalah Sosial

 

Banyak sekali contoh-contoh masalah sosial yang terjadi di masyarakat dan bahkan masalah sosial makin marah terjadi dan tak jarang masalah tersebut merupakan masalah yang sangat besar, dan berikut contoh-contohnya.

 

  • Pengangguran

 

Masalah pengangguran banyak sekali di jumpai disetiap daerah dan kebanyakan masalah ini banyak melanda daerah yang terpencil atau daerah yang termasuk daerah miskin. Pengangguran dapat terjadi karena semakin bertambahnya penduduk setiap tahun dan semakin minim lapangan pekerjaan yang tersedia. Pengangguran juga dapat terjadi karena kurangnya motivasi masyarakat untuk maju dan bekerja. Masalah ini juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah karena dengan bertambah nya jumlah masyarakat pengangguran maka kesejahteraan suatu negara atau daerah akan semakin berkurang. Masalah yang cukup kronis ini tidak hanya bisa di selesaikan oleh pemerintah saja namun peran serta masyarakat dan juga individu dari masing-masing orang harus juga berperan aktif. Masalah pengangguran dapat berkurang apabila masyarakat sadar akan pentingnya bekerja dan juga masyarakat lebih memberikan lapangan pekerjaan yang lebih terutama di daerah terpencil dan daerah yang tingkat kesejahteraannya rendah.

 

  • Kemiskinan

 

Suatu masalah yang banyak sekali terjadi di masyarakat yaitu kemiskinan. Masalah kemiskinan seperti tidak bisa dihindari oleh masyarakat karena memang masalah ini muncul karena masyarakat itu sendiri. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kemiskinan seperti malasnya masyarakat untuk mencari pekerjaan, hidup di daerah terpencil yang minimnya segala sesuatu baik itu kesejahteraan maupun minimnya lapangan pekerjaan untuk bekerja dan mencari uang. Tentu masalah kemiskinan juga tidak segalanya kesalahan dari masyarakat karena belum tentu semua masyarakat malas atau bahkan enggan untuk mencari uang, masalah kemiskinan adalah masalah pemerintah dan juga masyarakat. Hingga saat ini pemerintah terus bergerak untuk menurunkan tingkat kemiskinan di suatu masyarakat. Sama seperti masalah pengangguran masalah kemiskinan juga menjadi perhatian serius pemerintah. Masalah kemiskinan bukan hanya banyak ditemukan di daerah terpencil atau daerah miskin tapi masalah ini juga tidak sedikit ditemukan di kota-kota besar yang sebenarnya tingkat kesejahteraannya sangat tinggi.

 

  • Pendidikan

 

Masalah pendidikan merupakan dampak dari masalah kemiskinan. Masalah ini rata-rata terjadi karena masyarakat tak mampu untuk membayar biaya sekolah. Akibat dari masalah pendidikan dapat menyebabkan kemiskinan di masa depan, anak-anak yang tidak bersekolah atau tidak memiliki latar belakang pendidikan apapun akan kesulitan untuk mencari pekerjaan dan akhirnya menganggur dan terjadilah kemiskinan. Masalah pendidikan bukan hanya terjadi karena faktor ekonomi namun dapat terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan contohnya, keluar dari sekolah karena malas dan hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Tentunya masalah ini dapat menjadi masalah yang besar apabila masalah seperti kemiskinan dan pengangguran juga semakin bertambah. Pemerintah tentunya sudah melakukan segala cara untuk mengurangi masalah ini dengan cara program sekolah gratis 9 tahun namun program tersebut belum sepenuhnya dapat diterima oleh masyarakat. Di daerah terpencil program ini masih belum sama sekali ada dan tentunya menjadi tugas pemerintah untuk lebih meningkatkan program ini agar lebih baik dan merata.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *