Pengertian Pancasila Dari Sisi Etimologis

Pengertian Pancasila Dari Sisi Etimologis

 

Pancasila merupakan bentuk dari dasar negara yang memiliki kedudukan serta fungsi yang luas. Pancasila juga merupakan pandangan hidup bangsa sebagai salah satu bentuk ideologi untuk bangsa dan juga negara. Pancasila juga merupakan cerminan dari kepribadian bangsa yang dalam proses nya pun memiliki berbagai macam terminologi yang dapat dideskripsikan dengan objektif.

Dari Sisi etimologis, Pancasila lupakan istilah yang berasal dari bahasa Sansekerta. Dikutip dari Muhammad Yamin, perkataan Pancasila ini memiliki dua arti secara leksikal, yaitu Panca yang berarti lima, dan juga sila yang berarti batu sendi, dasar, ataupun Alas. Jika dalam bahasa Indonesia, terutama bahasa daerah yaitu bahasa Jawa, sila ini dapat diartikan sebagai susila yang bunganya sangat erat dengan moral bangsa. Maka dari itu, kata Pancasila ini sendiri dapat diartikan sebagai salah satu dasar yang memiliki lima unsur di dalamnya.

Arti kata Pancasila secara etimologis ini sendiri juga diambil dari buku yang dibuat oleh Empu Tantular. Dalam bukunya, diartikan bahwa Pancasila adalah memiliki makna lima dasar kesusilaan, atau dikenal juga dengan sebutan Panca karma. Lima dasar kehidupan yang berada di dalam Pancasila artinya tidak disarankan untuk melakukan kekerasan kepada sesama manusia, tumbuhan, ataupun binatang yang ada di dunia. Kedua, tidak di Ijinkan untuk melakukan kegiatan pencurian karena dalam seluruh agama yang ada di Indonesia mencuri adalah kegiatan yang dilarang. Yang ketiga, tidak boleh memiliki jiwa yang mudah dengki dengan orang lain. Memiliki sifat mungkin sudah makan rasa iri yang tidak menyenangi keberhasilan orang lain. Yang ke empat, yaitu dilarang untuk berbohong. Berbohong juga termasuk dalam salah satu perbuatan yang bisa menimbulkan dosa. Terdapat pada cewenya mengatakan bahwa yang bisa dipercaya adalah ucapan dari seseorang tersebut. Jika Anda terbiasa berbohong, maka perbuatan itu akan menjadi hal Yang lumrah bagi Anda dan menimbulkan ketidakpercayaan dari orang lain. Yang terakhir, tidak boleh meminum minuman keras. Jika di luar negeri memang meminum minuman keras merupakan salah satu hal yang biasa, namun di Indonesia sendiri meminum minuman keras merupakan hal yang dilarang. Fungsi dari minuman keras atau biasa dikenal dengan sebutan minuman beralkohol ini dapat membuat tubuh cuti hangat. Namun pada hukum Islam, yang mayoritas dianut oleh masyarakat Indonesia, alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang haram untuk dikonsumsi. Jika meminumnya, maka Anda akan melakukan dosa besar dan dilarang dari agama serta dilarang oleh negara.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apakah Pancasila menurut etimologis. Pancasila merupakan salah satu bentuk dasar negara yang wajib kita jadikan pernyataan dalam berkehidupan kebangsaan sehari-hari. Pancasila menjadi salah satu dasar bagaimana banyak agama, banyak suku bangsa yang ada di seluruh Indonesia dapat bersatupadu untuk membangun negara yang bersinergi antara satu sama lain. Pancasila merupakan salah satu dasar yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kuat dengan segala keberagaman yang ada. Maka dari itu Pancasila harus kita Junjung tinggi untuk meningkatkan moralitas dan kecintaan kita kepada bangsa khususnya negara Indonesia, dan juga membuat kita lebih memahami nilai nilai kemanusiaan yang diajarkan di dalam Pancasila. Dengan begitu, moralitas bangsa tidak akan menurun dan akan menjadi Panutan bagi negara lain karena dapat melihat Indonesia sebagai negara yang penuh dengan keberagaman dapat berjalan dengan beriringan tanpa banyak konflik yang terjadi antara satu dengan yang lainnya.                    

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *