Pengertian Teks Eksplanasi dan Contoh

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang “ mengapa “ , “ “ bagaimana “ suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi. Teks eksplanasi biasa menjelaskan tentang peristiwa alam dan peristiwa sosial yang sering terjadi. Dari seluruh peristiwa yang ada dan terjadi tentu adanya hubungan sebab dan akibat dari peristiwa tersebut.

langkah langkah menulis teks eksplanasi
johnhain / Pixabay

Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi

Setiap teks tentunya memiliki ciri-ciri tak terkecuali dengan teks eksplanasi. Ciri-ciri dari sebuah teks biasanya banyak memiliki kesamaan namun tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa perbedaan.

Berikut merupakan ciri-ciri kebahasaan dari teks eksplanasi.

  • Segala informasi yang terkandung dalam teks eksplanasi harus sesuai fakta
  • Bahasa dari teks eksplanasi harus bersifat ilmiah
  • Segala penjelasan dari teks eksplanasi harus bersifat umum dan bukan menyangkut pribadi masing-masing individu
  • Teks eksplanasi bersifat informatif atau dapat menjadi informasi bagi pembaca
  • Kalimat dari teks eksplanasi bersifat pasif
pengertian teks deskripsi
DariuszSankowski / Pixabay

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur dari teks eksplanasi sangat berpengaruh terhadap hasil dari teks tersebut. Berikut merupakan struktur-struktur dari teks eksplanasi.

  • Teridiri dari pernyataan umum yang artinya dalam teks eksplanasi terdapat pertanyaan yang memuat tentang topik atau proses terjadinya suatu peristiwa atau kejadian.
  • Sebab akibat, artinya menjelaskan sebab dari sebuah peristiwa yang terjadi dan juga akibat dari peristiwa tersebut. Sebab akibat harus runtun dari awal hingga akhir penjelasan.
  • Interpretasi adalah bagian dalam teks eksplanasi yang menjelaskan tentang kesimpulan dari suatu peristiwa atau kejadian yang dijelaskan.
bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi
cocoparisienne / Pixabay

Kaidah Teks Eksplanasi

Fungsi kaidah dalam sebuah teks adalah untuk mempermudah pembaca dalam menentukan jenis teks yang dibaca. Kaidah dari sebuah teks tentunya berbeda satu sama lain dan berikut merupakan kaidah dari teks eksplanasi.

  • Pembahasaan dari teks eksplanasi haruslah bersifat umum tidak melibatkan individu
  • Teks eksplanasi harus sesuai fakta yang ada dan terjadi
  • Terdapat istilah-istilah ilmiah
  • Terdapat konjungsi waktu kejadian

 

Contoh Teks Eksplanasi

contoh kaidah kebahasaan teks eksplanasi
geralt / Pixabay

Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam

  • Tsunami adalah suatu bencana alam yang terjadi karena naiknya volume gelombang ombak yang terjadi karena adanya suatu getaran besar dari dasar laut yang menuju ke daratan. Daerah-daerah di pesisir pantai biasanya merupakan daerah yang rawan terkena bahaya dari tsunami. Terjadinya tsunami terjadi bukan hanya karena getaran dari dasar laut melainkan bisa terjadi karena aktivitas gunung berapi bawah laut.

Terjadinya getaran di bawah dasar laut atau aktivitas gunung berapi di bawah laut mengakibatkan air lautan naik dan kemudian berjalan menuju ke daratan. Gelombang air tsunami akan menerjang ke daratan dan menghempaskan dan memporak-porandakan semua yang dilewatinya hal ini akan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah dan tentunya akan menimbulkan korban jiwa yang sangat banyak. Proses berjalannya gelombang air tsunami dari lautan menuju daratan sangatlah cepat karena memang pengaruh dari getaran yang terjadi. Gelombang air tsunami setelah menghempas daratan akan menggenang dalam waktu yang lama dan akan menyebabkan banjir.

Bencana alam tsunami dapat terjadi kapan saja selama adanya getaran besar maupun adanya aktivitas gunung berapi bawah laut. Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang terbesar dan merupakan bencana alam yang sangat berbahaya. Wilayah pantai atau pesisir pantai adalah daerah yang pertama kali diterjang tsunami karena memang pantai adalah daerah perbatasan antara daratan dan lautan.

pola pengembangan teks eksplanasi
Angelo_Giordano / Pixabay
  • Gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh adanya getaran besar yang terjadi akibat pergeseran lapisan bumi. Daerah gunung berapi dan daerah lautan adalah daerah yang paling sering terjadi gempa bumi.

Pergeseran dari lapisan bumi akan mengakibatkan getaran yang sangat kuat dan besar yang kemudian akan menghancurkan bangunan atau benda-benda yang dilewati oleh getaran tersebut. Tak menutup kemungkinan terjadinya gempa dapat menyebabkan korban jiwa yang sangat banyak. Gempa digolongkan menjadi dua golongan yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Gempa vulkanik adalah gempa yang berasal dari gunung berapi yang masih aktif. Jika dibandingkan dengan gempa tektonik, gempa vulkanik lebih jarang terjadi karena memang gempa ini hanya terjadi jika adanya aktivitas gunung berapi.

Gempa tektonik merupakan gempa yang sering terjadi dan gempa ini merupakan akibat dari pergeseran yang terjadi di lapisan kerak bumi.

Selama tidak ada pergeseran lapisan bumi dan tidak ada kegiatan vulkanik dari gunung berapi maka gempa bumi tidak akan terjadi. Pengantisipian terjadinya gempa dapat dilakukan dengan menempatkan sebuah alat pendeteksi gempa di sekitaran gunung berapi dan juga pesisir pantai.

unsur teks eksplanasi
KasunChamara / Pixabay

Contoh teks eksplanasi sosial

  • Pengangguran adalah masalah sosial yang terjadi dimasyarakat. Penggangguran dipengaruhi oleh faktor kemiskinan dan pendidikan. Banyak sekali pengangguran yang ditemukan di berbagai daerah khususnya di daerah terpencil yang tingkat kesejahteraannya sangatlah rendah. Bukan hanya dapat ditemukan di daerah terpencil pengangguran juga banyak ditemukan di kota-kota besar yang tingkat kesejahteraannya tinggi.

Penyebab dari pengangguran adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya mencari uang demi kesejahteraan hidup. Penyebab dari pengangguran juga bisa berasal dari faktor pendidikan dan kemiskinan. Dengan tidak adanya biaya artinya tidak bisa melanjutkan pendidikan dan akhirnya kesulitan mencari sebuah pekerjaan. Akibat dari pengangguran adalah dapat timbulnya masalah sosial lainnya seperti pencurian, perampokan dan lain-lain. Akibat lainnya dari penggangguran adalah menurunnya tingkat kesejahteraan di suatu daerah.

Pengangguran merupakan masalah sosial yang paling banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah ini tidak akan berakhir dan akan terus berlanjut jika tidak ada kesadaran dari diri sendiri maupun orang lain yang dapat memberikan motivasi dan bantuan

 

  • Kemiskinan adalah masalah sosial yang timbul akibat masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial terbesar dan tidak akan bisa hilang. Kemiskinan banyak ditemukan di daerah terpencil atau daerah yang memang kekurangan segala hal dan memiliki tingkat kesejahteraan yang sangat rendah.

 

Penyebab dari kemiskinan sangatlah beragam mulai dari faktor pengangguran, pendidikan dan juga faktor sosial lainnya. Kemiskinan mengakibatkan banyak masalah yang timbul dimasyarakat. Masalah ini juga dapat mengakibatkan suatu tindakan kriminal yang melawan hukum seperti merampok, mencuri. Akibat dari kemiskinan membuat tingkat kesejahteraan suatu daerah menjadi turun dengan kata lain daerah tersebut akan menjadi daerah yang miskin. Faktor pertumbuhan penduduk dan minimnya lapangan kerja dapat membuat masalah kemiskinan dapat lebih meningkat.

Masalah kemiskinan dapat dikurangi dengan adanya penambahan lapangan pekerjaan terutama di kota-kota terpencil yang tingkat kesejahteraannya sangat rendah. Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka resiko kemiskinan semakin besar.

contoh teks eksplanasi ilmiah
sasint / Pixabay

Contoh teks eksplanasi budaya

  • Batik adalah salah satu budaya asli dari Indonesia. Batik sudah resmi ditetapkan secara internasional sebagai budaya asli dari Indonesia. Setiap daerah di Indonesia mempunyai berbagai macam tradisi membuat batik dengan corak yang berbeda-beda dan sangat beragam.

Faktor yang mempengaruhi kepopuleran dari batik adalah coraknya yang sangat unik dan berbeda. Hal itu membuat banyak orang termasuk orang luar negeri sangat suka dengan batik. Batik menjadi salah satu magnet yang membuat wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Selain untuk menemukan batik mereka juga ingin belajar dan mengerti cara pembuatan batik.

Sebagai warisan dan juga budaya khas dari Indonesia, batik memang harus selalu dilestarikan dan dijaga agar budaya batik tidak punah dan selamanya bertahan.

Itulah penjelasan yang detail mengenai pengertian hingga contoh-contoh teks eksplanasi. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan tentunya dapat menambah wawasan.  

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *