Sejarah, Pengertian Internet dan Intranet

Sejarah, Pengertian Internet dan Intranet

Sejarah Internet

Awal mula internet berasal dari sebuah proyek oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu Advanced Research Project Agency Network atau lebih dikenal dengan proyek ARPANET. Temuan dari pyoek tersebut menghasilkan sebuah teori baru bahwa software atau perangkat lunak komputer bisa dipadukan dengan sebuah perangkat keras. Disitulah muncul gagasan baru bahwa manusia bisa melakukan hubungan atau komunikasi jarak jauh. Awalnya proyek ini hanya dipakai oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk memperluas sistem jaringan komputer pertahanan Amerika guna memperluas jaringan-jaringan ke wilayah yang dianggap penting dan juga untuk mencegah terjadinya serangan dadakan dan kesalahan penyampaian informasi.

Namun pada 5 Desember 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat 4 jaringan komputer yang ada di the University of Utah, University of California, Los Angeles, ( U.C.L.A ), Menlo Park, U.C Santa Barbara, Stanford Research Institute untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dari situlah proyek ARPANET mulai populer dan banyak dari Universitas di Amerika mulai ingin bergabung dalam proyek tersebut.

Perkembangan dari jaringan atau internet tersebut sangatlah pesat bahkan tidak perlu menunggu waktu lama. Kemudian pada tahun 1984, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membagi jaringan ARPANET kedalam dua jaringan yaitu jaringan yang khusus digunakan oleh militer atau Military Network ( MILNET ), dan jaringan untuk akademis atau non militer. Sejarah perkembangan jaringan ini sangatlah pesat hingga saat ini merupakan jaringan yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari yaitu jaringan internet.

Pengertian Internet

Internet atau Interconnection Networking merupakan jaringan media elektronik yang saling terhubung. Internet menggunakan standar sistem global Transmission Control Procol / Internet Protocol Suite ( TCP/IP ) untuk menghubungkan milyaran pengguna. Hingga saat ini masih terus berkembang dan sangat membantu kegiatan dan kehidupan manusia.

Fitur dan Fasilitas di Internet

 

  • World Wide Web

World Wide Web atau yang lebih dikenal dengan WWW merupakan sistem di internet yang fungsi dan tugasnya untuk melakukan pencarian dan memberikan informasi lewat hypertext. Pembuatan hypertext sendiri melalu sebuah bahasa pemograman yang dinamakan Hyper Text Markup Languange atau bahasa umumnya disingkat HTML.

HTML sendiri berfungsi untuk mengikat sebuah dokumen atau file yang sudah dibuat dengan extention *.html.

  • Chatting

Merupakan sebuah percakapan antara dua orang melalui jaringan internet secara real time. Chatting dapat berbentuk teks yang saling dikirim melalui jaringan internet atau bahkan bisa melalu video atau tatap muka secara online. Media chatting bisa melalui banyak media seperti handphone, komputer, laptop dan seiring berkembangnya jaman dan teknologi banyak muncul sebuah aplikasi-aplikasi yang membantu mempermudah proses chatting dan bahkan bisa diakses melalui handphone.

  • FTP

File Transfer Procol adalah sebuah layanan yang digunakan untuk transfer sebuah file atau dokumen. Dengan layanan ini setiap komputer yang memiliki jaringan internet dapat mengupload, mentransfer file dan mengambil file. Salah satu fungsi dari FTP adalah untuk menyebarkan file secara luas.

  • BBS

BBS atau singkatan dari Bulletin Board System merupakan sebuah papan penyedia layanan informasi yang terdiri dari berbagai macam informasi yang ada di internet. Adanya fasilitas BBS di dalam internet dapat membuat orang lain dapat saling bertukar opini dan pikiran mereka satu sama lain. Pengguna dari BBS kian merosot seiring dengan banyaknya fasilitas lainnya yang disediakan internet.

  • Email

Merupakan surat elektronik yang dapat dikirim melalui internet dengan menggunakan media perangkat seperti handphone dan komputer. Dengan email seorang yang ingin mengirim surat kepada orang lain atau kesebuah instansi dapat semakin cepat dan praktis. Penggunaan email juga sudah menjadi hal yang wajar dan semakin banyak fitur-fitur lainnya di internet yang diharuskan menggunakan email sebagai syaratnya. Seiring berkembangnya jaman email tidak hanya berbentuk tulisan namun email juga menyediakan fitur seperti gambar, audio dan lainnya.

Manfaat Internet

Internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari bahkan internet sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan dan kegiatan manusia. Tentu dari situlah manfaat dari internet bisa terasa bagi kehidupan. Berikut manfaat-manfaat internet khususnya untuk kehidupan.

  • Semakin cepat dalam menemukan dan mengirim informasi

Dengan adanya internet segala bentuk informasi akan mudah untuk dikirim atau diinformasikan. Tak heran jika kejadian atau peristiwa dari daerah yang jauh bisa cepat menyebar karena adanya internet.

  • Internet menambah wawasan dan pengetahuan

Internet menyajikan berbagai media untuk menambah ilmu, tersebar banyak sekali media-media yang dapat menambah wawasan di internet mulai dari bacaan, pelajaran apapun itu yang berhubungan dengan ilmu ada di internet. Manfaat Internet sebagai penambah ilmu dan wawasan memang sangat nyata terjadi seiring berkembangnya jaman dan berkembangnya pola pikir manusia dengan dibantu oleh internet.

  • Komunikasi makin praktis dan mudah

Salah satu manfaat adanya internet adalah mempercepat dan mempermudah komunikasi. Dengan adanya internet komunikasi antar perorangan atau bahkan kelompok menjadi makin mudah bahkan komunikasi yang melibatkan jarak yang cukup jauh sekalipun. Tentunya manfaat internet mempermudah komunikasi sangat dirasakan oleh semua orang.

  • Dapat berbagi apapun

Di internet semua orang dapat membagi apapun yang ia mau kepada orang lain atau khalayak umum. Banyak fitur-fitur yang menyediakan tempat berbagi entah itu berbagi informasi, berbagi file, berbagai dokumen, berbagi momen dan sebagainya. Apalagi seiring dengan berkembangnya jaman media sosial telah hadir sebagai wadah untuk menyebarkan dan berbagai apapun. Tentunya dengan bertambahnya banyak fitur-fitur yang ada menambah media untuk berbagi.

Sejarah Intranet

Sejarah dari Intranet sendiri dimulai pada 1990 dimana jaringan intranet mulai populer dikalangan perusahaan atau instansi. Jaringan intranet sangat populer karena dapat membantu sistem kerja perusahaan dan juga membantu memberikan nilai tambah untuk perusahaan. Sejarah dari intranet memiliki hubungan dengan sejarah internet karena memang teknologi jaringan ini sama-sama berkembang dalam satu sejarah yang membedakan dari kedua jaringan ini lebih mengarah ke fungsi dari masing-masing teknologi jaringan tersebut. Jaringan intranet banyak digunakan oleh perusahaan pada tahun 1990-an karena jaringan ini dianggap menguntungkan dan juga dapat memecahkan masalah yang dialami perusahaan juga dapat membuat sistem kerja perusahaan jadi lebih berkembang.

Pengertian Intranet

Merupakan sebuah jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP sama seperti internet yang membedakannya adalah pembatasan dari jaringan intranet. Arti dari pembatasan jaringan intranet adalah untuk membatasi pengguna jaringan dan hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Pembatasan ini memiliki tujuan yaitu agar informasi yang penting tidak dapat diakses atau diketahui oleh banyak orang atau umum. Biasanya jaringan ini digunakan oleh sebuah perusahaan atau kantor-kantor.

Sistem kerja dari intranet sebenarnya sama seperti internet yang sama-sama menggunakan protokol TCP/IP dan HTTP. Karena menggunakan sistem tersebut maka didalam jaringan intranet dapat diakses fasilitas seperti yang ada di internet contohnya email, chatting dan lainnya.

  • Manfaat Intranet

Manfaat dari intranet sangatlah bermacam-macam tentunya bagi kehidupan sehari-hari dan berikut beberapa manfaat dari intranet.

  • Sebagai pengganti biaya Internet yang mahal artinya dengan menggunakan jaringan intranet maka dapat memangkas pembiayaan internet karena biaya dari jaringan intranet sangat murah
  • Dapat menjadi salah satu pembantu dalam perkembangan sebuah perusahaan atau industri dimana jaringan intranet bersifat lebih privasi
  • Membantu meningkatkan sistem pembelajaran disekolah dengan adanya sistem jaringan yang lebih tertutup maka akan dengan mudah membuat sebuah materi pembelajaran yang baru
  • Lebih dapat menjaga sebuah privasi jika sudah terlalu sering menggunakan internet yang sifatnya terbuka atau universal.

Itulah penjelasan mengenai sejarah internet, sejarah intranet, serta pengertian antara internet dan intranet. Tentu dari kedua jaringan memiliki kesamaan dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *